Metode Sam'an: 12 Jurus Jitu Mudah Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa orang-orang muslim, sehingga setiap muslim harus bersemangat untuk mempelajarinya. Namun semangat untuk mempelajarinya sangat minim dikalangan orang-orang Islam, karena menganggap bahwa bahasa Arab susah dipelajari, untuk bisa fahamnya harus pesantren lama dulu baru bisa faham atau bahasa Arab cukup saja dikuasi oleh ustadz-ustadz yang mengajar. Persepsi tersebut sangat kuat melekat dipikiran setiap muslim, hingga menjadikan dirinya enggan untuk belajar. Padahal panduan hidup umat muslim itu berbahasa Arab, yaitu Al-Quran.

Sebagai bukti rasa cinta kita kepada Allah, maka sudah semestinya setiap muslim harus bersemangat mempelajari dan memahami bahasa Arab, urusan bisa atau tidak itu urusan kesungguhan kita dan Allah SWT nya berkenan, jadi usahanya yang harus dimaksimalkan soal hasil! biar Allah yang menentukan, pasti Allah akan memberikan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya yang meyakini Af’al-Nya. Dengan faham bahasa Arab akan ada semangat besar yang berkesinambungan untuk terus mengingat Allah dalam setiap membaca lembaran-lembaran ayat-ayatNya karena ada proses keterjalinan komunikasi yang dekat antara hamba dan Tuhan-Nya, juga tidak ketinggalan termasuk doa-doa yang selalu kita panjatkan dalam setiap shalat atau diluar shalat, InsyaAllah akan terasa jauh lebih nikmat dibanding sebelum kita mempelajari bahkan sampai memahami bahasa Arab.  

Sekali lagi! bahasa Arab itu MUDAH, saat kita TAHU kunci-kunci rahasianya. Dengan kunci itu, kita bisa membuka setiap pintu dari setiap bahasan.

Dalam hal ini, METODE SAM’AN lahir untuk menjawab prasangka-prasangka bahwa bahasa Arab itu sulit, tapi ternyata MUDAH.

Kenapa MUDAH? Karena Metode Sam’an disajikan dalam bentuk yang sangat sederhana, mudah dipelajari, untuk tahap awal tidak banyak istilah bahasa Arab yang harus dihafalkan tetapi METODE SAM’AN memilih dulu istilah yang akan sering dipakai dalam bahasa keseharian, yang lebih hebatnya lagi agar mudah diingagt maka penyajian metode sam’an ini akan dikenalkan dengan prinsip dasar bunyi dan disajikan pula 12 JURUS JITU MUDAH BELAJAR BAHASA ARAB hingga setiap orang yang mempelajari akan senang belajar bahasa Arab, ketika menyenangi insyaAllah akan bersemangat pula untuk masuk ke tingkatan selanjutnya yang lebih kompleks dengan ringan dan tanpa beban.

Metode sam’an ini diharapkan bisa membantu kaum muslimin/at untuk menggali kosa kata bahasa arab dan terjemah Indonesia dengan mahir saat mencari di kitab Al-Munawir (kitab terjemah Arab Indonesia dan Indonesia –Arab), karena sudah dibekali rumus / kunci bahasa Arab, selanjutnya setelah mengkuti kursus bahasa Arab ini kaum muslimin/at bisa melakukan komunikasi ringan bahasa Arab dan yang tidak kalah pentingnya akan tumbuh rasa cinta terhadap bahasa Arab. Dengan cinta hal yang sulit akan dilalui dengan ringan dan bersemangat yang tak kunjung padam. InsyaAllah

Apa saja 12 Jurus Jitu Mudah Bahasa Arab itu? Yaitu:

  • Pertama diawali dengan kata ganti (isim dhomir).
  • Kedua, Ringkasan Kata Ganti (Isim Dhomir).
  • Ketiga, Mengenal Fi’il dari mulai ciri-ciri umum fi’il dan Pembagiannya.
  • Keempat, Fi’il Madhi
  • Kelima, Fi’il Mudhori’
  • Keenam, Fi’il Amar
  • Ketujuh, Fi’il Nahyi
  • Kedelapan,  Adawatul Istifham
  • Kesembilan, Objek fi’il berupa Isim Dhomir
  • Kesepuluh, Kepemilikan
  • Kesebelas, Kata Benda
  • Keduabelas, Mencari Kata Dasar.

Nah, InsyaAllah 12 Jurus Jitu itu akan membantu kita untuk bisa cepat memahami bahasa Arab. Dengan niat karena Allah dan ingin meningkatan kualitas ibadah kepada Allah, metode sam’an lahir sebagai proses ikhtiar mengajak kaum muslimin/at untuk bisa memahami kandungan Al-Quran dengan cara kita  mau belajar bahasa Arab, karena Al-Quran, Hadis dan sebagian besar referensi-referensi Islam itu berasal dari bahasa Arab.

Di sini pun kami tidak menutup diri atau bahkan menganggap bahwa metode inilah yang tepat dan cepat untuk bisa mudah belajar bahasa Arab, tetapi di luaran sana Alhamdulillah atas Kehendak dan ke Maha Besaran Allah menggerakan setiap otak manusia yang siap bersedia dipakai dan Allah pun berkehendak kepadanya untuk bisa memikirkan tentang bagaimana cara / metode yang sederhana untuk bisa cepat memahami Al-Quran.

Saran kami, jangan hanya cukup dengan satu metode, tapi temukan metode-metode yang lain sebagai ikhtiar untuk bisa lebih dekat kepada yang punya ilmu pengetahuan yaitu Allah SWT yang Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Wallahu’alam

Simak penjelasan tentang metode Sam'an dari video tayangan TVONE berikut:

Kategori Artikel: