Metode AFLAT dari Lisanul 'Arab

LISANUL ARAB adalah sebuah komitmen untuk berkontribusi secara serius pada kebangkitan Islam di masa datang. Karena diyakini bahwa masa depan umat manusia akan berada dalam genggaman Islam. Sementara Islam identik dengan bahasa Arab.

LISANUL ARAB mengembangkan metode yang ditemukan oleh Ustadz A. Zamroni Ahmad, yang memadukan temuan-temuan dari para praktisi bahasa Arab di Indonesia, termasuk menjadikan bahan-bahan mereka sebagai rujukan, seperti Metode Ust H Aminuddin Saleh Bandung, Ust Ir Syamsuddin Bogor, dll. Disamping bahan-bahan dari materi ajaran bahasa Arab yang populer lainnya seperti Al Ajurumiyyah dlsb. LISANUL ARAB hadir guna menyederhanakan semua bahan itu dan dipadukan menjadi formula yang unik.

LISANUL ARAB mempersembahkan AFLAT sebagai solusi bagi kesulitan berbahasa Arab yang dialami kebanyakan masyarakat kita selama ini.

AFLAT adalah akronim dari Amazing Arabic Flash Training. Karena secara menakjubkan metode ini dapat membuat setiap orang yang mengikutinya, seketika:

  1. dapat memahami kunci-kunci pokok yang perlu diketahui dari bahasa Arab
  2. memiliki rasa percaya diri dan optimisme yang besar bahwa bahasa Arab akan dikuasai

AFLAT dalam bahasa Arab أفلت  juga berarti membebaskan dan melepaskan. Dan memang termasuk misi utama AFLAT adalah melepaskan diri dari kekaburan akan pemahaman bahasa Arab dan membebaskan diri dari sikap masa bodoh terhadap bahasa Arab. أفلت juga memiliki kesamaan akar kata dengan اِفْتَلَتَ الكَلاَمُ   yang berarti bicara lepas tanpa persiapan terlebih dahulu. Diharapkan kader-kader terbaik AFLAT akan mampu berbicara dalam bahasa Arab walaupun tanpa persiapan.

AFLAT dirintis sejak tahun 1998 di Bandung dan dari waktu ke waktu terus mengalami perbaikan setelah melakukan evaluasi dan menerima masukan dari berbagai pihak baik langsung maupun tak langsung. Beberapa daerah yang pernah menjadi tempat pematangan dan juga kegiatan Training metode AFLAT ini adalah Makassar, Aceh, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Berau, Padang, Medan, Batam, Palembang, Bangka, Riau, Bandung, Cirebon, Bogor, Bekasi, Banten, Jogja, Surabaya, Malang, Jakarta, dan Bali

AFLAT, setelah kurang lebih 10 tahun berbenah, atas dukungan dan masukan dari banyak pihak kini alhamdulillah telah menemukan kematangan konsepnya. Dan Alhamdulillah, kini AFLAT telah ditangani dengan Manajemen Profesional.

AFLAT hadir dengan menawarkan metode yang unik dalam segala aspeknya. Beberapa keunikan AFLAT, di antaranya:

  1. Menyajikan PROGRAM BAHASA ARAB MOTIVATIF. Di point ini, AFLAT sengaja ingin membongkar sikap mental setiap orang terhadap dan tentang bahasa Arab. Segala anggapan keliru, kesalahpahaman, dikotomi, dan sikap tak proporsional lainnya terhadap bahasa Arab, seperti penyebutan bahasa Arab sebagai bahasa Asing dan oleh karenanya maka tentu sulit dipelajari, ini dikupas tuntas dan dibalikkan menjadi positif thinking.

Disamping itu, kegiatan training yang dikemas secara tidak biasa, yakni dipadukan dengan hiburan edukatif akan membuat peserta merasa enjoy sepanjang mengikutinya.

  1. Menyajikan metode pelajaran yang bisa mengatasi kendala teknis (RINGKAS & CEPAT, METODE HAFALAN YANG UNIK, KONTINUITAS FOLLOW UP, DLL).
    Maksud dari point ini, AFLAT mengetengahkan sistem bimbingan yang mencoba keluar dari pola-pola konvensional yang membuat banyak orang selama ini sering putus harapan dari belajar bahasa Arab, seperti kerumitan metode penghafalan, kesulitan mencari buku pedoman yang betul-betul praktis, begitu lamanya waktu yang dibutuhkan baru dapat mengetahui goal setting ataupun peta pemahaman dari bahasa Arab. AFLAT ingin mempersembahkan metode belajar bahasa Arab yang bisa diikuti oleh siapa saja, dari kalangan mana saja untuk berbagai lapisan sosial masyarakat, dan dari back ground pendidikan apa saja. Karena bahasa Arab memang untuk semua orang dan bahasa Arab diperlukan semua orang.
  2. Program pengembangan bahasa Arab berkelanjutan tiada henti dengan 2 tahap: Tahapan Pembelajaran dan Tahapan Pembudayaan.

Dalam konteks ini, AFLAT telah menemukan formula berupa teknik untuk mengatasi kendala pengembangan kemampuan bahasa Arab. Tak sedikit orang yang sudah pernah belajar bahasa Arab tapi selalu merasa bahasa Arabnya tak berkembang dengan berbagai alasan. Maka AFLAT merasa bertanggung jawab untuk memberikan solusi atas seluruh peserta untuk terus dapat terjaga suasana kebahasaarabannya sepanjang waktu.

AFLAT memiliki motto ”Ternyata Menguasai Bahasa Arab Semudah Membalikkan Telapak Tangan” dan juga motto ”AFLAT, Membawa Anda untuk Lebih dari Sekedar Bisa Berbahasa Arab”.

AFLAT memiliki impian besar bahwa suatu saat kelak bahasa Arab akan menjadi trend setter bahasa dunia. Di situlah urgensi peran yang akan diambil oleh AFLAT. Atau AFLAT-lah yang malah akan mengarahkan masyarakat untuk menjadikan bahasa Arab sebagai trend masa datang. AFLAT begitu optimis bahwa bahasa Arab akan menjadi bahasa masa depan, sebagaimana yakinnya AFLAT akan masa depan umat manusia yang akan berada dalam naungan cahaya kepemimpinan Islam. Sementara, bahasa Islam adalah bahasa Arab.

Kategori Artikel: