Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Metode Muyassaroh

Metode Muyassaroh merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Arab yang ditemukan oleh Ustadz Moh. Mudhollafi, S.Ag untuk mampu membaca kitab kuning tanpa harakat secara mudah dan cepat serta mampu menterjemahkan Al-Qur'an. Metode ini disebarluaskan melalui berbagai program pelatihan, yang sasarannya adalah adalah siswa siswi sekolah formal tingkat SMA/MA dan masyarakat umum yang memiliki perhatian besar untuk peningkatan interpersonal dalam memahami Islam melalui penelusuran literatur dan referensi berbahasa Arab serta para guru bahasa Arab untuk bisa mengembangkan metode ini secara lebih luas sesuai persyaratan yang telah ditentukan.  

Sebagaimana namanya, metode ini dikembangkan atas dasar konsep muyassaroh yang bermakna dimudahkan. Melalui kemudahan yang ditawarkan, metode ini akan menjadi solusi alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab yang sering diasosiasikan sebagai sesuatu yang sulit, padahal sebenarnya tidak ada sesuatu yang sulit jika berani mencoba.

Dalam penerapannya, Metode Muyassaroh menggunakan pendekatan direct method (langsung praktek tanpa memperbanyak penjelasan /learning by doing), Repeatition (Banyak melakukan pengulangan) dan prinsip banyak jalan menuju roma (Ada sekian banyak cara yglebih mudah untuk mencapai tujuan).

Di samping itu, kualitas pengelola dan pengajar juga sangat diutamakan dalam penyelenggaraan pelatihan metode ini. Pengelola haruslah pihak-pihak yang memiliki perhatian besar dalam pembelajaran membaca kitab kuning serta tarjamah Al-Qur’an sehingga bisa dipastikan munculkan iklim kerja yang kondusif bagi para tutor sehingga mereka bisa bekerja dan berprestasi secara optimal.

Semua tutor yang mengajarkan metode muyassaroh telah lulus sertifikasi yang ketat dari pentashih yang handal dan dipastikan telah memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan, yaitu: Menguasai kaidah tata bahasa Arab dengan baik, Bisa membaca kitab berbahasa Arab gundul, Menguasai Metodologi Muyassaroh, Berjiwa da’i dan murobbi, Disiplin waktu dan Komitmen pada mutu.

Dari berbagai prinsip yang diterapkan menunjukkan bahwa Metode Muyassaroh ingin menunjukkan bahwa metode ini dikembangkan berdasarkan sebuah sistem berbasis mutu, yaitu sistem yang berorientasi untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi dengan menetapkan standar mutu yang hendak dicapai.

Untuk mengetahui lebih jauh, silakan kunjungi: http://muyassaroh.com/ atau kontak langsung ke :

  • Surabaya         ( 031 )70388481 / 0857 30721135/( 031 )60569965
  • Semarang         085 2900 464 82
  • Bandung          081 703 273 450
  • Balikpapan       (0542) 7030 449 -7036664- 081 34712 1115
Kategori Artikel: