Lembaga Bahasa dan Ilmu Al Qur’an (LBIQ)

Dalam rangka meningkatkan pemahaman warga khususnya di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Bahasa Arab, Pemerintah DKI Jakarta telah membentuk sebuah lembaga pendidikan yang dikenal dengan nama Lembaga Bahasa dan Ilmu al-Qur’an (LBIQ). Di dalam lembaga yang pada mulanya berlokasi di kawasan Tanah Abang ini diselenggarakan dua buah program belajar, yakni Program Reguler dan Non Reguler.
Untuk Program Reguler, LBIQ memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Arab Qur’ani. Pengajaran membaca Al-Qur’an diselenggarakan setiap hari Selasa dan Kamis, sedangkan pengajaran Bahasa Arab dan Bahasa Arab Qur’ani setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at. Program Reguler pelaksanaannya dibagi dalam 3 shift. Shift I pukul 08.00-10.00 WIB, Shift II pukul 10.00-12.00 WIB dan Shift III pukul 13.00-15.00 WIB.

Program Non Reguler menyelenggarakan Halaqah Kader Agama, Halaqah Guru Pembina (Halgubin), Pendidikan Guru Bahasa Arab (PGBA), Pendidikan Guru Agama (PGA), Kajian Al Qur’an, Studi Naskah dan Ulumul Qur’an (SNUQ) dan Tahsinuttilawah. Program Non regular dilaksanakan seminggu sekali setelah selesai Program Reguler yaitu sekitar pukul 15.30-17.00, Senin s.d. Kamis.

LBIQ tidak memungut biaya sepeser pun dalam program pengajaran ini alias GRATIS, karena itu banyak sekali warga yang berminat untuk mengikutinya walaupun pada kenyataannya belum banyak warga yang mengenal lembaga ini yang merekrut tim dosen dari berbagai perguruan tinggi di DKI Jakarta ini. Sebagian besar dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Biasanya LBIQ membuka pendaftaran baru untuk Program Reguler tiga bulan sekali. Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa masuk menjadi peserta LBIQ. Calon peserta hanya disyaratkan menyerahkan fotocopy KTP/identitas diri lainnya (Tidak harus DKI Jakarta), Pasfoto ukuran 3X4 berwarna tiga lembar, mengisi formulir pendaftaran dan membayar kupon ZIS sebesar Rp.10.000,- saja. Selanjutnya akan diadakan tes tulis dan lisan untuk menyaring calon peserta. Hasil tes ini akan mengklasifikasikan para calon peserta pengajaran Bahasa Arab dan Bahasa Arab Qur'ani dalam 9 kategori, yaitu Dasar 1 hingga Dasar 3, Menengah 1 hingga Menengah 3 dan Lanjutan 1 hingga Lanjutan 3. Sedangkan untuk Program membaca Al Qur'an di bagi dalam Dasar 1 hingga Dasar 2, Menengah 1 hingga menengah 2 dan Tartil 1 hingga Tartil 2.

Calon-calon peserta yang telah lulus tes akan memulai belajarnya seminggu kemudian. Dalam tiga bulan mereka akan menempa pelajaran dari tiga program yang diselenggarakan sesuai dengan klasifikasi tingkatannya. Di akhir bulan ke-3, para peserta akan menerima ujian kenaikan tingkat, berupa tes tulis dan lisan. Dengan demikian peserta LBIQ butuh waktu 9 kali 3 bulan atau kurang lebih 2,5 tahun untuk menuntaskan pendidikannya dari tingkat Dasar 1 hingga Lanjutan 3.

Sedang untuk Program Non Reguler, masa belajarnya lebih pendek dari Program Reguler, yaitu hanya satu tahun saja. Pelaksanannya pun hanya seminggu sekali. Biasanya pembukaan untuk pendaftaran peserta baru dilaksanakan pada awal tahun.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan merehab total Gedung Lembaga Bahasa dan Ilmu Al Quran (LBIQ). Rencananya, gedung yang berdiri sejak tahun 1994 ini akan dibangun setinggi delapan lantai dan pembangunan gedung tersebut diperkirakan menelan biaya sebesar Rp 20 miliar dari APBD DKI. Nantinya, fasilitas gedung baru LBIQ dilengkapi laboratorium bahasa, aula, dan lift. Kemudian ada kantor MUI Pusat, kantor Islamic Center dan sebagainya. Gedung ini dibangun oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta. Selama pelaksanaan rehab total gedung LBIQ nanti, 1-2 tahun kegiatan LBIQ menumpang di sebuah gedung milik swasta di Jl. Jatinegara Barat (+/- 100m dari Terminal Kp. Melayu ke arah utara/ ke arah Senen).  Lokasi LBIQ pada mulanya terletak di kawasan Tanah Abang, kemudian pada awal tahun 2008 LBIQ berpindah ke gedung kantor Walikota Jakarta Selatan yang lama, tepatnya di :

Kantor LBIQ Provinsi DKI Jakarta

Gedung Kota Administrasi Jakarta Selatan

Jl. Trunojoyo No 1 Blok V Lantai 5 dan 6, Kebayotan Baru, Jakarta Selatan

Telp. (021) 7224238, Fax. (021) 7224264

(dari berbagai sumber)

Kategori Artikel: