HURUF

Sebelum berlatih lancar suatu bahasa, kita perlu mengetahui abjadnya terlebih dulu. Demikian juga dengan aktifitas kita mempelajari bahasa Arab, kita perlu masuk ke pembahasan tentang huruf (al-harfu) terlebih dahulu. Dalam bahasa Arab, huruf terdiri dari dua bagian yaitu yang pertama Huruf Mabani dan yang kedua adalah Huruf Ma'ani.

Pertama, apakah yang dimaksud dengan huruf mabani itu? Huruf mabani atau yang juga kita kenal sebagai huruf hijaiyah, adalah huruf yang digunakan untuk menyusun suatu kata dan tidak mempunyai makna. Huruf mabani terbagi atas dua kelompok, yaitu kelompok Huruf 'illat dan kelompok Huruf Shahih. Huruf 'illat itu hanya terdiri dari tiga huruf, yaitu alif, ya dan wawu atau kita singkat menjadi AIWA. Adapun Huruf Shahih adalah seluruh huruf hijaiyah selain huruf 'illat.

Selanjutnya bagian huruf yang kedua, yaitu Huruf Ma'ani. Apa yang dimaksud dengan huruf ma'ani?. Huruf ma'ani adalah huruf-huruf yang telah mempunyai makna dan terdiri dari banyak jenis. Sebagai contoh dari huruf ma'ani adalah apa yang kita kenal dengan istilah Huruf JER dan Huruf 'Athof. Huruf jer adalah huruf yang membuat kata setelahnya berharakat kasrah. Di antara huruf jer tersebut adalah min (dari) ila (ke), 'an (tentang), ruba (terkadang), bi (dengan), ka (seperti), li (untuk). Sedangkan huruf 'athof adalah huruf yang digunakan untuk menghubungkan antara satu kata dengan kata yang lainnya, baik antara kata benda dengan kata benda, kata benda dengan kata kerja dan seterusnya, seperti Wa (dan), Tsumma (kemudian) dan Au (atau). (Transliterasi dari BadarOnline.com)

Kategori Artikel: