Donasi Untuk Dakwah Bahasa Al-Qur'an

Assalamu’alaikum Wr-wb,

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Al-Qur’an dalam bahasa Arab. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah ke haribaan Rasulullah dan para shabatnya yang telah menuntun umat, serta kepada sekalian umat yang tetap menjaga sunnah hingga akhir jaman.

Kaum muslimin rahimakumullah,

Melalui media ini, kami menawarkan kepada Bapak/Ibu/Saudara untuk ikut berperan serta dalam dakwah kami, yaitu mengajak umat untuk meningkatkan kepedulian dan kemampuan mereka dalam memahami bahasa Al-Qur’an, bahasa Al-Hadits, bahasa dalam ibadahnya sehari-hari. Kami mengambil tugas ini bukan karena pekerjaan kami yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa Arab. Tugas yang spesifik ini kami pilih karena dorongan keprihatinan tentang minimnya jumlah umat Islam yang meluangkan waktunya belajar bahasa Arab guna bisa memahami baasa Al-Qur’an atau memahami apa yang dia baca dalam ibadah dan do’a yang dia baca.

Kenyataan bahwa saat ini kebanyakan umat Islam di sekitar kita lebih antusias belajar bahasa Inggris tidak bisa dipungkiri. Kurikulum bahasa Inggris ada di semua tingkatan dan jenis sekolah, tetapi tidak demikian dengan bahasa Arab. Kalau kita ditanya tentang lembaga kursus bahasa Inggris di sekitar kita, atau yang kita tahu, akan dengan mudah kita sebutkan. Tetapi apakah kita juga bisa menyebutkan apa dan dimana kursus bahasa Arab di sekitar kita? Paling-paling kita akan menunjuk pesantren dan madrasah. Pertanyaannya adalah, berapa banyak pesantren dan madrasah di sekitar kita dan apakah masyarakat umum bisa bebas belajar di situ?

Berangkat dari kondisi yang demikian, kami ingin mengajak Bapak/Ibu/Saudara untuk ikut membiayai kegiatan dakwah bahasa Al-Qur’an ini, meliputi antara lain:

  • Seminar atau kampanye pentingnya belajar bahasa Arab
  • Sosialisasi berbagai metode pembelajaran bahasa Arab
  • Beasiswa belajar bahasa Arab, baik untuk anak kurang mampu, anak yatim, maupun untuk anak-anak yang berbakat.
  • Pencetakan buku-buku pelajaran bahasa Arab untuk diberikan secara cuma-cuma atau harga murah.
  • Dan lain-lain

Sebagai gambaran, beberapa waktu yang lalu kami menyelenggarakan Seminar Sehari Strategi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak-anak. Hanya dengan mengeluarkan biaya kurang lebih 5 juta rupiah, alhamdulillah telah bisa memberikan wawasan baru dan motivasi bagi 75 guru TPQ se-kecamatan Cisauk, Tangerang. Dan Insya Allah, melalui seminar tersebut para peserta akan lebih termotivasi dan lebih sistematis dalam menanamkan kecintaan belajar bahasa Arab kepada anak-anak didik. Di samping itu, para peserta telah berkomitmen untuk menidaklanjuti seminar tersebut dengan mengadakan pelatihan bahasa Arab.

Sekali lagi, ayo kita bangkitkan lagi kejayaan Islam di muka bumi ini dengan menyebarluaskan bahasa Arab, bahasa Al-qur’an, bahasa persatuan umat Islam. Ayo kita bendung paham sekularisme, pluralisme dan liberalisme dengan mengkaji ajaran Islam dari sumber aslinya yang berbahasa Arab, melalui bimbingan para ‘alim ‘ulama terpercaya.

Salurkan donasi Anda melalui Rekening Bank Muamalah No. 0001171941 a.n Yayasan Ahsanul Kalam

Wassalamu’alaikum Wr-wb

Kategori Artikel: